PPID DAN WEBSITE DESA UJUNG TOMBAK KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

Warta Kebonsari – Di era keterbukaan seperti sekarang ini semua kena imbasnya termasuk desa, dan sebagai pejabat publik ‘meh delik’ (mau sembunyi-red) dimana saja tidak akan bisa lagi. Demikian dikatakan Bpk. Agus Pramono dari Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Demak dalam sambutannya pada pembukaan Pelatihan Administrasi Keuangan Dan Pelatihan Web Site Tingkat Desa Senin (04/11/2019) bertempat di Pendopo Kecamatan Dempet, .

“Sudah saatnya kita sebagai pejabat pemerintah untuk terbuka menyampaikan kepada masyarakat tentang semua yang sudah kita kerjakan termasuk soal transparansi keuangan.” terang Agus Pramono yang juga menjabat sebagai ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten Demak tersebut.

Dijelaskan bahwa dengan keluarnya Peraturan Bupati tentang standard layanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Demak maka diharapkan semua desa untuk segera membentuk PPID dan segera mempublis setiap kebijakan kususnya tentang keuangan Desa lewat media website Desa masing-masing.

Sementara itu Camat Dempet Joko Wiyono, SH, MH dalam sambutannya menyambut baik adanya pelatihan tersebut, diharapkan melalui mekanisme dan pelaksanaan pinsip keterbukaan melalui media yang ada menjadi upaya strategis mencegah praktik KKN sedini mungkin sehingga akan tercipta pemerintahan yang baik.

“PPID dan Website desa sebagai ujung tombak keterbukaan informasi publik, hal ini juga sebagai langkah menuju salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Demak dalam membangun kota cerdas berbasis IT (Smart City). Ini merupakan konsep kota cerdas yang dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya dengan efisiensi dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat.” Terang Pak Camat.

Hadir dalam Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut Kasi Permas Kecamatan Dempet Bpk. Muhlis dan Ibu Farida Zuyuni sebagai Tenaga Ahli yang memberikan materi terkait Administrasi Keuangan.

Pelatihan dibagi dalam 2 kelas terpisah yakni 1 kelas untuk Sekretaris desa dan Bendahara desa dengan materi Administrasi Keuangan dan 1 kelas lain bagi operator website dan diikuti peserta perwakilan dari 16 Desa di wilayah Kecamatan Dempet yang masing-masing mengirimkan Sekdes, Bendahara dan Operator Website.

Untuk Desa Kebonsari sendiri di hadiri Sekretaris Desa Kristanto, bendahara Desa Ita Puspitasari dan Suhud Purwanto sebagai Operator Website Desa. (Tim WK)

About kebonsari 34 Articles
Kebonsari adalah nama desa yang terletak di Kecamatan Dempet Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan