Tugas Dan Wewenang PPID

TUGAS DAN FUNGSI
PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DESA
DESA KEBONSARI KEC. DEMPET KAB. DEMAK


 

ATASAN PPID DESA KEBONSARI

Tugas :

  1. Mengembangkan system pengelolaan informasi dan dokumentasi secara baik dan efisien.
  2. Menetapkan dan memutakhirkan daftar informasi public secara berkala.
  3. Melakukan evalusi dan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan informasi PPID.
  4. Menetapkan Standart Prosedur Operasional layanan informasi.

Fungsi :

  1. Memberikan tanggapan atas keberatan oleh pemohon informasi yang mengajukankeberatan.
  2. Mewakili didalam proses penyelesaian sengketa di Komisi.

 

KETUA PPID DESA KEBONSARI

Tugas :

Merencanakan, mengorganisasikan dan melaksanakan mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi dilingkungan Pemerintah Desa.

Fungsi :

  1. Penataan dan penyimpanan informasi publik dari seluruh lembaga desa dan perangkat Desa di seluruh lingkungan pemerintah desa.
  2. Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan dan informasi yang terbuka untuk publik ke PPID kabupaten Demak.
  3. Penyelesaian sengketa

 

SEKRETARIAT PPID DESA KEBONSARI

Tugas :

Merencanakan, melaksanakan mengkoordinasikan,  mengkonsultasikan dan mengendalikan pengumpulan informasi dan pelayanan informasi PPID Desa.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan koordinasi penyusunan program pengelolaan Informasi dan Dokumentasi.
  2. Pelaksanaan koordinasi dalam tugas bidang bidang PPID Desa.
  3. Pelaksanan koordinasi dan konsolidasi dalam rangka pengumpulan informasi dan dokumentasi.
  4. Pelaksanan administrasi pelayanan informasi dan dokumentasi.
  5. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka pemberian pelayanan informasi.

 

BIDANG PELAYANAN INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Tugas :

  1. Menyimpan dan mendokumentasikan, menyediakan dan/atau memberikan pelayanan informasi kepada Publik.
  2. Melaksanakan koordinasi dalam rangka menyusun kajian dan diseminasi isu-isu strategis dibidang pelayanan informasi.
  3. Melaksanakan sosialisasi.
  4. Melaksanakan koordinasi dalam rangka pengumpulan data dan informasi sebagai bahan publikasi dibidang pelayanan informasi.
  5. Menyiapkan bahan penyajian informasi
  6. Menyusun topik-topik pelayanan.

Fungsi :

  1. Pelaksanan perencanaan program dibidang pelayanan dan dokumentasi Informasi.
  2. Pelaksanaan pelayanan informasi dan dokumentasi.
  3. Pengelolaan dan pengembangan bidang Informasi dan dokumentasi publik.
  4. Pengelolaan sistem informasi.
  5. Penyediaan informasi dan dokumentasi.
  6. Penyimpanan dan pemeliharan dokumentasi dan informasi.

 

BIDANG PENGOLAHAN DAN KLASIFIKASI INFORMASI

Tugas :

  1. Mengolah dan memberi pelayanan konsultasi klasisfikasi informasi dan dokumentasi.
  2. Melaksanakan pengelolaan data dan informasi;
  3. Melaksanakan Pengembangan system informasi.
  4. Menyusun rencana dan program pengelolaan data dan informasi.
  5. Mengumpulkan mengolah dan menyajikan data dan informasi.
  6. Melaksanakan identifikasi data dan informasi.
  7. Melaksanakan klasifikasi data dan informasi.

Fungsi :

  1. Pelaksanaan perencanaan program dibidang pengolahan data dan klasifikasi informasi.
  2. Pelaksanaan konsultasi klasifikasi dan identifikasi informasi publik.
  3. Inventarisasi pengklasifikasian informasi dan dokumentasi.
  4. Penyusunan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan dalam rangka memenuhi permohonan.

 

BIDANG FASILITASI SENGKETA INFORMASI

Tugas :

  1. Melaksanakan advokasi penyelesian sengketa informasi Publik.
  2. Menyusun pertimbangan hukum terkait rencana penolakan memberikan informasi publik yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  3. Menyusun pertimbangan hukum atas keberatan yang disampaikan pemohon.
  4. Menyusun verifikasi pengaduan dan/atau sengketa.

 Fungsi :

  1. Pelaksanaan perencanaan program bidang penyelesaian sengketa informasi.
  2. Pelaksanaan koordinasi dalam rangka penanganan penyelesian sengketa informasi.
  3. Pelaksanaan verifikasi, laporan dan rekomendasi atas pengaduan atau sengketa informasi pelaksanaan fasilitas penyelesaian sengketa.